Monday, January 21, 2013

Untuk para pemula / newbie untuk belajar pemrograman android, sepertinya harus paham apa itu SDK dan AVD, seperti pada judul dari postingan pertama belajar pemrograman android ini yaitu mengenal SDK dan AVD. langsung saja....
1. mengenal SDK
SDK kependekan dari Software Development Kit yaitu merupakan aplikasi yang dibuat untuk membangun aplikasi. untuk menggunakanya bisa di download langsung dari sini : -> http://developer.android.com/sdk/index.html
2. Mengenal AVD
AVD kependekan dari Android Virtual device yaitu semacam emulator untuk menjalankan virtual Android. jadi tanpa menggunakan / mempunyai android phone pun, kita bisa merasakan apa itu android. dan kita juga bisa membuat program di android. tetapi untuk yang ingin berkecimpung di dunia android coding sebaiknya minimal punya phone android. kenapa? karena kita bisa langsung mengetes aplikasi yang kita buat langsung di android karena jika kita menggunakan AVD akan memakan memori ram, jadi akan berjalan agak berat.
tutorial :
berikut ini cara penggunaan Android SDK tool.
1. Download Android SDK tool di  -> http://developer.android.com/sdk/index.html, oleh karena program ini multiplatform, jadi bisa di sesuaikan dengan OS yang dipake.
2. Install hasil downloatan tersebut, lalu jalankan Android SDK Manager

 
3. install Versi SDK android yang digunakan, PERLU DIPERHATIKAN karena proses instalasi ini membutuhkan koneksi internet agak besar. karena akan mendownload image android sesuai versi yang kita butuhkan.
4. Setelah Selesai anda bisa langsung menggunakanya melalui AVD Manager,. buka AVD amanger di android SDK tools

AVD MANAGER 
5. klik News, untuk setting Virtual Android, lalu sesuaikan sepesifikasinya sesuai kebutuhan. seperti contoh berikut

 
6. untuk menjalankan virtual device, tinggal klik create AVD, lalu klik start di AVD manager. jika berhasil maka akan keluar virtual android di komputer anda, seperti berikut :

Proses Booting Android 4..0.3
Proses Booting Android 4..0.3
Tampilan home Android
Tampilan home Android
Tampilan Menu Android
Tampilan Menu Android

Semoga Bermanfaat.

“Share Knowledge is fun. :) *
sumber : http://www.masbudi.net/2012/11/03/1-belajar-pemrograman-android-mengenal-sdk-dan-avd/

0 comments:

Post a Comment